SABUN

10 Maret 2009 pukul 3:09 AM | Ditulis dalam aplikasi materi | 4 Komentar


TAHUKAH KAMU

Sabun pertama terbuat dari kayu yang dibakar!

Detergen berasal dari bahasa latin detergere yang berarti untuk membersihkan. Dtergen adalah zat yang membersihkan, jadi secara teknis sabun adalah detergen (BETUL GAG?). sabun dan detergen akan dibahas sebagai dua jenis pembersih yang berbeda. Sabun terbuat dari minyak binatang sedangkan detergen terbuat dari zat kimia yang berasal dari petroleum, tetapi keduany membersihkan denagn cara yang sama.

Mengapa molekul-molekul sabun dan detergen dapat membersihkan? Hal ini karena sebagian moleku tersebut tertarik ke air dan sebagian lain tertarik ke minyak. Kotoran biasanya bervampur dengan minyak. Minyak dan air biasanya tidak bercampur, tetapi molekul-molekul sabun dan detergen dapat mengikat minyak dan air. Air bekas cucian kemudian menghanyutkan molekul-molekuk yanh terikat.

Sabun telah digunakan beribu-ribu tahub yang lalu, tetapi detergen adalah penemuan yang relatif baru. Sabun ditemukan secara tidak sengaja ketika lemak dididihkan di dalam periuk yang dipanaskan diatas kayu yang dibakar. Potash atau kalium karbonat (garam abu), zat kimia yang ada pada abu kayu, bereaksi dengan lemak dan menghasilkan sabun.

Selama bertahun-tahun, metode pembuatan sabun adalah memasukkan kayu yang dibakar ke dalam tong besar yang mempenyai satu lubang kecil didasarnya ( DIBAYANGKAN DENGAN BENAR-BENAR). kemudian air dituangkan dalam tong tersebut, dan cairan yang mengalir ke dasar tong ditampung dalam sebuah ketel bersama dengan lemak hewan. Ketika campuran ini dimasak, kalium karbonat dan lemak bereaksi secara kimiawi, sehingga menghasilkan molekul-molekul sabun yang saling menempel dan mengapung pada permukaan cairan di dalam periuk.

Selama berabad-abad sabun dibuat oleh perorangan. Beberapa sabun yang dihasilkan lebih baik daripada sabun yang lainnya. Hal itu dikarenakan tidak adanya ketentuan berapa banyak kalium karbonat yang diperlukan dalam cairan yang dituangkan ke tong. Tidak sampai abad kesembilan belas, para ilmuwan berhasil mengembangkan metode pengukuran bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sabun dengan hasil-hasil yang dapat diperkirakan.

Jenis air yang digunakan juga dapat mempengaruhi seberapa baik sabun dapat membersihkan. Air yang kaya dengan mineral-mineral kalsium, magnesium, dan atau besi disebut air sadah. Air yang sedikit atau bahkan tidak mengandung mineral-mineral ini disebut air lunak, mineral-mineral yang membuat air sadah bereaksi dengan bagian yang menarik air dari molekul sabun untuk membentuk zat padat berlilin disebut kerak sabun, yang tidak dapat larut dalam air. Kerak sabun meninggalkan endapan-endapan yang dapat dilihat pada bak mandi (“tepein bak mandi”)à
ayo buktikan….amati bak mandi kalian masing-masing….

Detergen pertama yang dibuat dengan zat kimia yang berasal dari petroleum, bukan dari lemak hewan. Diperkenelkan di Amerika Serikat pada awal tahun 1930-an. Detergen-detergen pertama mempunyai kemampuan membersihkan yang sangat terbatas tetapi kelemahan-kelemahan tersebutsecara perlahan diperbaiki sehingga detergen tidak lagi dibuat hanya dari satu zat tetapi dari campuran berbagai zat, termasuk zat yang mempunyaikemapuan melunakkan air. Bahan-bahan tambahan lain dari detergen adalah pencemerlang, pemutih, pewangi, dan pengawet warna.

Sekian dan terima kasih

Semoga informasi ini berguna bagi para pembaca sekalian.

Kimia hebat…

4 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Great site this kelarutan.wordpress.com and I am really pleased to see you have what I am actually looking for here and this this post is exactly what I am interested in. I shall be pleased to become a regular visitor🙂

  2. brill site this kelarutan.wordpress.com brill to see you have what I am actually looking for here and this this post is exactly what I am interested in. I shall be pleased to become a regular visitor🙂

  3. brill site this kelarutan.wordpress.com formidable to see you have what I am actually looking for here and this this post is exactly what I am interested in. I shall be pleased to become a regular visitor🙂

  4. thanks…welcome to my Blog


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: