Contoh-contoh soal dan penyelesaian part 1

15 April 2009 pukul 8:08 PM | Ditulis dalam contoh soal | 5 Komentar
  1. Tuliskan rumus Ksp garam-garam berikut
  • AgBr

    Ksp AgBr = [Ag+] [Br]

  • Ba3(PO4)2

    Ksp Ba3(PO4)2 = [Ba2+]3 [PO43-]2

  1. Diketahui Ksp Ag2CO3 = 3.2 x 10-11, kelarutan Ag2CO3 (Mr=276) per liternya adalah….

    Pembahasan

    Ksp     = 4s3

    3.2 x 10-11 = 4s3

    2 x 10-4 = s
    kelarutan Ag2CO3

    = M x Mr

    = 2 x 10-4 x 276

    = 55.2 mg L-1

  2. Diketahui Ksp Ag2CrO4 pada suhu 25 oC adalah 2.4 x 10-12. Tentukan kelarutan Ag2CrO4 dalam air pada suhu 25 oC dan konsentrasi Ag+ dalam keadaan jenuh!

    pembahasan

Ag2CrO4(s) 2Ag+ (aq) + CrO42-(aq)

Ksp Ag2CrO4 = 4s3

2.4 x 10-12 = 4s3

S        = 8.4 x 10-5

Jadi kelarutan Ag2CrO4 dalam air adalah 8.4 x 10-5 mol L-1

Konsentrasi [Ag+] = 2s = 2 x 8.4 x 10-5 mol L-1+ = 1.68 x 10-4 mol L-1

  1. Larutan basa lemah tepat jenuh M(OH)2 memiliki pH = 10. Ksp basa tersebut adalah…

    Pembahasan

    pH = 10

    pOH = 4

    [OH] = 10-4

    M(OH)2 (s) M+ (aq) + 2OH(aq)

    Jadi [M+] = 0.5 x 10-4

    Ksp M(OH) = [M+] [OH]2

    = (0.5 x 10-4) (10-4)2

    = 5 x 10-13

  2. Pada suhu kamar, diketahui Ksp senyawa H2A sebesar 3.2 x 10-5. Tentukan pH jenuh H2A dalam air!

    Pembahasan

    Ksp H2A = 4s3

    3.2 x 10-5 = 4s3

    s    = 2 x 10-2

    H2A(s) 2H+ (aq) + A(aq)

    2s    s

    [H+] = 2 x 2 x 10-2 = 4 x 10-2

    pH = – log H+ = -log 4 x 10-2

    pH = 2 – log 4

  3. Diketahui Ksp AgCl = 1.6 x 10-10. Tentuka kelarutan AgCl dalam larutan AgNO3 0.1 M!

    Pembahasan

    AgNO3(s) Ag+ (aq) + NO3(aq)

    0.1M        0.1 M        0.1M

    Konsentrasi Ag+ 0.1M dalam larutan merupakan konsentrasi awal. Kemudian ke dalam larutan ditambahkan AgCl. Jika yang terlarut adalah s, maka pada keadaan setimbang konsentrasi [Ag+] = (0.1 + s) M .karena harga s kecil sekali sehingga dapat diabaikan. Konsentrasi [Ag+] menjadi 0.1 M

    Ksp AgCl = [Ag+] [Cl]

    1.6 x 10-10 = (0.1)(s)

    s = 1.6 x 10-9 mol L-1

    jadi kelarutan AgCl dalam larutan AgNO3 0.1 M adalah 1.6 x 10-9 mol L-1

  4. Diketahui Ksp L(OH)2 = 6 x 10-12. Tentuka kelarutan M(OH)2 dalam larutan yang memilki pH=12

    Pembahasan

    pH = 12

    pOH = 2

    [OH] = 10-2 (ion senama)

    Ksp L(OH)2 = [L2+][OH]2

    6 x 10-12 = (s) (10-2)2

    s = 6 x 10-8 mol L-1

    Jadi kelarutan L(OH)2 dalam larutan yang memilki pH = 12 adalah 6 x 10-8 mol L-1


5 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. bang banyakain donk pembahasan soal kls xi nya…hehe skalian pembahasanny yooo…mantab dah ini

  2. mkasih ya, post soal-soal yang laennya dong, byar betah di sini🙂

  3. kerennn bisa buat resensi

  4. banyak pertanyaan ttg Ksp?
    bukannya kalo kelarutan itu satuannya sama kayak molar ya?
    kenapa perlu Mr-nya? kenapa gak langsung dikaliin seribu per liter yang ditanya? atau gak, kan massanya juga gk diketahui??
    Jadi gimana nih-_- pusing-_-

  5. Umb Makasi Post Soal-soal Lupa Bwa Buku Jd Nda Ribet Tinggl Bka Jha D Google Post Soal Soal N Lw Bsa Soal Soaly Dperbnyak Lg


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: