LINDUNGI BUMI KITA, TIPS MEGURANGI GLOBAL WARMING

23 November 2009 pukul 1:20 PM | Ditulis dalam just 4 fun... | 1 Komentar
Tag: ,

Makin hari, sepertinya bumi makin panas aja, ya. Itu merupakan salah satu efek dari Global Warning. Apa salahnya kalau mulai sekarang kita sebagai generasi penyelamat bumi melakukan langkah-langkah sederhana yang mungkin terkesan “remeh”, namun sebenarnya bisa mengurangi pelebaran lubang ozon.

Lakukan

  1. Pakai kertas bolak-balik. Kalau kamu bisa ngasih penjelasan yang rasional, bukan nggak mungkin guru atau dosen kamu nggak marah atau bahkan senang kalau kamu ngerjain tugas menggunakan “side B” dari kertas yang pernah kamu pakai. Ingat lho, semakin banyak kertas yang kamu pakai, semakin banyak pula pohon yang harus ditebang.
  2. Jangan pakai kantong plastik. Coba deh, mulai tolak kantong plastik yang diberikan penjual saat kita belanja. Caranya? Bawa saja belanjaan kamu pakai tangan, kalau jumlahnya lumayan banyak dan berat, mending mulai sekarang kamu nyediain tas belanja yang selalu kamu bawa sebagai pengganti plastik.\
  3. Biasakan naik angkot. Dengan sesekali naik angkot, secara nggak langsung kita membantu mencegah semakin tingginya emisi gas rumah kaca ke atmosfer. Bayangin aja yang semula ada di lima mobil atau motor, bisa ‘diringkas’ jadi satu di dalam angkot.
  4. Mandi pakai gayung. Ini demi meminimalisasi air yang terbuang sia-sia saat kita mandi. Tapi bukan berarti habis itu kamu jadi nggak mandi karena alasan nggak mau buang-buang air.
  5. Duduk di dekat jendela. Bukannya nyuruh kamu jadi penunggu jendela, tapi biar kamu nggak terlalu merasa gerah. Kalau udah kena angin alami, kamu nggak perlu listrik untuk nyalain pendingin udara,kan.

Jangan

  1. Cetak tugas tanpa di edit. Nah, biar nggak buang-buang kertas, biasakan deh, mengoreksi dulu tulisan yang kamu buat. Selain tulisan kamu tambah oke, kamu juga mencegah kemungkinan semakin borosnya kertas yang kamu buang saat nge-print.
  2. Koleksi kantong plastik. Ingat dong, butuh 1000 tahun untuk menguraikan plastik. Kalau udah tahu, kenapa masih saja nggak nolak kalau di supermarket kita masih ‘dibekali’ beberapa kantong plastik untuk kita bawa pulang?.
  3. Males jalan kaki. Aduh, masa sih, mau ke toko yang berjarak 100 meter aja kamu harus pakai motor segala? Kalau jalan kaki malas, kan masih ada sepeda? Come on guys, gas kendaraan kita sangatlah memengaruhi suhu dan udara bumi beberapa tahun lagi.
  4. Hobi mandi berendam. Wah, ini nih yang berpotensi membuang air secara massal. Boleh sih, sesekali berendam saat mandi, tapi jangan keseringan,ya!
  5. Manusia refrigerator. Saking panasnya udara saat ini, mungkin pendingin udara jadi benda wajib yang nyala seharian penuh. Mulai sekarang, coba deh, kurangi intensitasnya. Kan demi kita, OKE!

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Currently it seems like Drupal is the preferred blogging platform out there
    right now. (from what I’ve read) Is that what you’re using on your
    blog?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: