Umpatan Luna Maya di Twitter…

17 Desember 2009 pukul 7:52 PM | Ditulis dalam just 4 fun... | 3 Komentar
Tag:

JAKARTA, KOMPAS.com – Habis sudah kesabaran wartawan infotainment yang merasa dicemarkan nama baiknya dan dihina dengan umpatan Luna Maya yang ditulis di akun twitternya pada Selasa (15/12) lalu. Karenanya, sejumlah perwakilan komunitas wartawan infotainment pun mengadukan ulah kekasih Ariel “Peterpan” tersebut ke Polda Metro Jaya.

“Hari ini pada jam 17.30, saya atas nama wartawan infotainment melaporkan artis saudara Luna Maya ke Polda,” jelas perwakilan komunitas wartawan infotainment, Prio Wibowo, di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (17/12/2009).

Dalam laporan yang diadukannya itu antara lain berisi soal umpatan Luna Maya micro blogging twitter yang merendahkan profesi wartawan infotainment. “Laporannya atas sangkaan pencemaran nama baik dan penghinaan melalui twitter terhadap wartawan infotainment,” tandas Prio. “Untuk kasus ini kita kenakan pasal 27 ayat 3 UU 11 2008 tentang ITE dan pasal 45 ayat 1 (Undang-undang No 40 Tahun 1999 tentang Pers),” tambahnya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya, Kamsul Hasan menjelaskan hal yang diadukan ke Polda berupa tindak pidana. “Ini yang dilaporkan pidana, tapi nanti kalau majelis memutuskan ada denda itu buat kas negara. Kita akan melihat proses selanjutnya,” tekannya.

Tak hanya pengaduan pelanggaran UU tentang Pers saja, presenter acara “Dahsyat” itu juga akan dijerat sejumlah pasal. “Kita akan juntokan juga dengan pasal 310, 311, 315, dan 335 KUHP tentang pencemaran nama baik, fitnah, penghinaan dan perbuatan tidak menyenangkan melalui lisan dan tulisan,” ancam Kamsul.

Tak sekadar omongan semata, komunitas wartawan infotainment pun sudah menyiapkan sejumlah amunisi untuk mempidanakan Luna. “Kita juga ajukan saksinya antara lain Prio, Bambang, Michael, dan Hilda. Kita juga ada alat bukti berupa rekaman dan transkrip,” tandas Kamsul.

Menurut Kamsul, meski pengaduan telah dilayangkan usaha perdamaian masih sangat terbuka lebar. “Lembaga Konsultasi dan Bantuan Penegakan Hukum (LKBPH) PWI Jaya hanya mendampingi teman-teman infotainment. Kalau ada rencana untuk berdamai kita akan dampingi,” ujarnya.

“Kalau sudah ada rembukan antara lawyer Luna dan Prio soal perdamaian, maka saya akan minta Prio untuk mencabut gugatannya,” tegasnya

Masih menurut Kamsul, kasus Luna versus wartawan ini merupakan pembelajaran bersama. “Pada intinya kita hanya memberi pelajaran siapa pun harus menghargai profesi. Siapa pun apakah mau disebut lebih rendah dari pelacur dan pembunuh. Saya menghimbau masyarakat umum agar hati-hati menggunakan kata apalagi menyangkut hak-haknya orang lain, boleh suka atau tidak dengan hadirnya Undang-undang ITE,” tegas Kamsul.

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Artis dan infotainment berseteru bukanlah hal yang aneh di dunia hiburan. Masing-masing pihak mempunyai kepentingan yang berbeda. Namun apabila ditelusuri lebih jauh, mereka adalah dua pihak yang saling membutuhkan.

    Ketika hal seperti ini terjadi, alangkah bijaknya apabila masing-masing pihak berpikir jernih dan mengutamakan perdamaian. Demi mencari solusi yang akan sama-sama menguntungkan. Namun hal ini juga bisa jadi peringatan untuk lebih bijak dalam bertutur di dunia maya.
    Cara Membuat Blog

  2. thanks udah comment..
    yupp..damai itu indah..hidup indonesia!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: